Pages

Kamis, 05 Mei 2011

IPNU Kudus: Kader NU Berjiwa Patriotik

MEJOBO -- Munculnya paham radikalisme dan NII, pelajar NU harus selalu menumbuhkembangkan semangat nasionalisme dengan selalu mengawal Pancasila sebagai ideologi bangsa yang telah digariskan Nahdlatul Ulama. Dengan begitu, kader IPNU-IPPNU akan tetap dalam koridor anak bangsa yang berkarakter dan berjiwa patriotik.

“Kader IPNU-IPPNU wajib membentengi sekuat tenaga ideologi bangsa dan aswaja. Karena keduanya sejalan ditengah kehidupan beragama dan berbangsa,” kata ketua PC IPNU Kabupaten Kudus Muhammad Syakuri saat menghadiri acara Latihan Kader Muda (LAKMU) yang diselenggarakan PAC IPNU-IPPNU Kecamatan Mejobo di Ponpes As-Sa’diyah desa Kirig Mejobo Kudus, Kamis (5/5).

Syakuri menambahkan PC IPNU Kudus akan terus melakukan upaya preventif terhadap ideologi radikal dengan melakukan internalisasi nilai-nilai ahlussunnah wal jamaah di kalangan anggotanya yang notabene pelajar-pelajar NU.

“IPNU-IPPNU selalu menanamkannya melalui pelatihan dan pendampingan kader baik ditingkat cabang maupun ranting,” imbuhnya.

Di depan puluhan peserta Lakmud, Syakuri mengajak kadernya melestarikan amalan-amalan keagamaan aswaja seperti mengaji, maulidan, tahlilan dan manaqiban. Pelestarian amalan aswaja akan mampu mengurangi gesekan yang tidak penting diantara sesama kader maupun komponen bangsa lainnya.

“Apalagi Kudus sebagai kota santri, kita harus tingkatkan perilaku positif dengan melestarikan nilai-nilai akhlak mulia,” tegasnya lagi.

Terkait perkembangan tehnologi, Syakuri mengharapkan kader IPNU-IPPNU bisa memanfaatkannya dengan baik dan benar. Sebab, sebagian besar pelajar menggunakan teknologi seringkali dijadikan alat untuk mencari kesenangan saja.

“Mulai sekarang coba kita gunakan yang positif menjadi sumber pengetahuan, bahkan kalo bisa memanfaatkan sebagai benteng ideologi termasuk mensosialisasikan amalan-amalan aswaja,” tandas mantan ketua PAC IPNU Jekulo ini.

Kegiatan Lakmud yang dilaksanakan mulai Kamis (5/5) hingga Ahad (8/5) mendatang ini diikuti 44 kader pilihan utusan Pimpinan Ranting dan Komisariat IPNU-IPPNU se kecamatan Mejobo. Berbagai materi ke-NU-an, Aswaja, ke- IPNU-IPPNU-an, leadership, dan materi-materi yang berkaitan skill berorganisasi disampaikan nara sumber dari pengurus MWC NU, PC IPNU-IPPNU Kudus dan tokoh-tokoh NU lainnya.

“Tujuan Lakmud ini untuk menanamkan nilai-nilai aswaja serta membentuk kader-kader IPNU-IPPNU yang militan, loyal dan berkarakter,” jelas ketua panitia Ali Shofi’i. (adb)

0 komentar

Posting Komentar